Friday, 15 February 2019

KTM berkata picik untuk HONDA mengayuh Pedrosa

Friday, 15 February 2019


CEO KTM Stefan Pierer mengatakan Honda "berpikiran sempit" karena menjatuhkan Dani Pedrosa dari susunan pengendara pabriknya untuk musim MotoGP 2019.

Pedrosa telah bergabung dengan KTM sebagai pembalap ujian tahun ini setelah memutuskan untuk menurunkan karir grand prix yang menghasilkan tiga gelar dunia di kategori bawah dan 31 kemenangan balapan MotoGP.

Itu mengikuti keputusan Honda untuk menggantikan Pedrosa dengan Jorge Lorenzo, yang bermitra Marc Marquez untuk 2019.

Berbicara kepada media tertentu selama acara peluncuran KTM 2019 awal pekan ini, Pierer melakukan pukulan keras di Honda karena tidak menunjukkan kesetiaan yang lebih besar kepada pengendara yang telah menghabiskan seluruh karir grand prix-nya pada mesin-mesinnya.


"Tidak seperti orang Jepang, kami menganggap [gagasan] keluarga secara harfiah," kata Pierer. "Kami berdiri di sisi orang-orang kami di saat-saat yang baik dan buruk. Ketika seorang penunggang terluka, Anda berdiri di sampingnya.

"Anda harus membayangkan Dani Pedrosa dibebaskan semalam setelah 14 tahun bersama Honda. Betapa piciknya Anda? Dia adalah pahlawan! Dia adalah duta besar!

"Dan mengapa dia datang kepada kita? Karena dia melihat dengan [manajer tim KTM] Mike Leitner bagaimana cara kerjanya dengan kita. Bahwa di sini, orang-orang berdiri bersama. Apa yang orang lain lakukan dengan uang, saya berusaha untuk mencapai dengan keluarga.

"Banyak pembalap saya sekarang dalam manajemen. Lihatlah [mantan juara motorcross, sekarang direktur olahraga motor KTM] Pit Beirer. Itulah yang membuat kami istimewa."


Pedrosa harus melewati tes terbaru di Sepang setelah menjalani operasi pada tulang selangkanya, dengan dokter memperkirakan periode PHK tiga bulan untuk pembalap Spanyol.

Leitner mengatakan dia "senang" dengan masukan yang akan dibawa oleh mantan pembalapnya ke proyek KTM berdasarkan kesan awalnya dalam tes pribadi yang dilakukan pelatih berusia 33 tahun di Jerez tahun lalu.

"Kurasa dia akan benar-benar fit pada akhir April atau awal Mei, jika semuanya berjalan seperti yang dikatakan para dokter," kata Leitner, mantan kepala kru Pedrosa di Honda.

"Dia telah memenangkan grand prix yang tak terhitung jumlahnya dan telah berada di MotoGP selama bertahun-tahun. Dia dapat membantu kita di mana-mana. Kami sudah melihat itu pada tes satu hari di Jerez. Itu sangat menarik. Saya sangat senang ketika dia benar-benar fit . "

Leitner menambahkan bahwa memiliki perspektif pengendara Honda akan berguna, dengan tiga dari empat pembalap KTM pada tahun 2019 - Pol Espargaro, Johann Zarco dan Hafizh Syahrin - berasal dari Yamaha.

"Itu tidak direncanakan, tetapi banyak pembalap kami datang dari Yamaha," katanya. "Itu sebabnya sangat menyegarkan untuk mendapatkan pengendara dari pabrikan lain, karena dia melihat dan menjelaskan berbagai hal secara berbeda."

Menyangkal bahwa postur tubuh Pedrosa yang kecil membuatnya tidak cocok untuk tugas-tugas tes, Leitner menambahkan: "Dani adalah pengendara tes mimpi, karena jika seseorang begitu keluar dari norma, ia harus menemukan set-up yang lebih baik untuk dikendarai dengan cepat."

Show comments
Hide comments